Home Kuliner Unik dan Beda, Baso Ikan Degan hanya Ada di Jogja

Unik dan Beda, Baso Ikan Degan hanya Ada di Jogja

2 336

Bakso atau baso mungkin identik dengan rasa sapi dan mie kuning dan mie putih. Tapi kini ragamnya telah berinovasi menjadi sajian yang unik dan beda salah satunya tentu saja Baso Ikan Degan.

baso ikan degan

metrotvnews.com


Meski ide awalnya bukan dari Jogja tapi karya para alumni SMP Maria Immaculata Yogyakarta ini patut diacungi jempol. Mereka adalah Wiwik Adriana, Okti Wardani, Didik, dan Ong Esti yang terinspirasi dari salah satu menu yang ada di hotel di Kota Sukabumi.

Warung baso yang selalu dipenuhi pengunjung karena menawarkan pengalaman berbeda ini berada di Jalan Sugeng Jeroni No 62, Wirobrajan, Yogyakarta. Baso Ikan Degan Warung Berkah, demikian tulisan terpampang di pintu masuk seolah ingin meyakinkan bahwa warung baso ini bukan warung sembarangan.

Saat pengunjung masuk dan memesan seporsi baso ikan degan niscaya akan terkejut. Baso yang biasanya disajikan dengana mangkuk dihidangkan dengan batok kelapa atau bila ingin lebih ekstrim menggunakan kelapa muda utuh.

Sesuai namanya di warung baso ini yang digunakan bukan daging sapi melainkan ikan kakap merah jadi rasanya tentu akan beda. Pengalaman yang ditawarkan tidak berhenti disitu karena baso ini menggunakan mie dari bahan kelapa muda.

Yang paling tokcer tentu saja kuah segar yang digunakan, bukan dari kaldu ikan atau daging sapi melainkan dengan air kelapa hijau. Kelapa hijau yang digunakan juga dipilih dengan seksama, tidak boleh terlalu muda dan tidak pula terlalu tua.

Kebayang bukan segarnya Baso Ikan Degan ini kala disantap pada terik matahari. Kelapa muda yang dinikmati tanpa diolah saja sudah luar biasa segar apalagi ditambah bumbu rempah tentu akan lebih maknyuss.

Pertama kali buka sejak pertegahan Desember 2016 dan hingga kini melayani pecinta kuliner baso mulai dari jam 11.00 WIB hingga 19.00 WIB. Saat ini selain ada baso ikan kakap juga tersedia baso udang, baso cumi dan baso seafood.

Soal harga masih ramah kantong dan bisa disesuaikan keinginan mulai dari harga Rp 15.000,- hingga Rp 20.000,-. Aneka minuman yang tersedia di warung bakso ini juga tak jauh beda dengan warung yang lain, hanya saja kalau ingin yang istimewa tersedia Es Kacang Merah.

Bagi kamu yang bukan orang Jogja jangan kaget ya kalau semua menu yang ada terasa manis. Seperti yang kita ketahui kalau Jogja identik dengan kuliner serba manis semisal Gudeg.

Selain warung baso ikan degan masih ada beberapa warung bakso yang bisa menjadi referensi manakala berkunjung ke Jogja. Warung bakso tersebut antara lain Bakso Kerikil, Bakso Keju, Bakso Pak Narto, Bakso dan Es Buah PK, Bakso Ironayan, dan masih banyak lagi.

Sementara itu masih suadara dekat bakso ada ragam kuliner mie ayam yang tak boleh terlewatkan. Mie ayam tersebut antara lain Mie Ayam Grabyas, Mie Ayam Bu Tumini, Mie Ayam Mekaton, dan ada yang unik pada Mie Persis Telap 12.

2 COMMENTS

Leave a Reply